. ECOFINED INDONESIA | Kata Pengantar - Ketua BKF





Konferensi Nasional > Konferensi Nasional ke I - 2013
Kata Pengantar - Ketua BKF

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Salah satu isu penting terkait perekonomian dan sektor keuangan saat ini adalah penciptaan sistem keuangan inklusif. Sistem keuangan inklusif akan memperluas akses masyarakat terhadap jasa keuangan. Baik individu maupun usaha kecil di seluruh penjuru Indonesia akan dapat menggunakan berbagai fasilitas dan jasa keuangan yang tersedia. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, namun juga mengurangi ketimpangan pendapatan dan kemiskinan, yang pada akhirnya akan  menciptakan kesejahteraan dan keadilan ekonomi.

Salah satu pilar di dalam kerangka sistem keuangan inklusif adalah edukasi masyarakat. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan tingkat pemahaman masyarakat akan pentingnya akses terhadap fasilitas dan jasa keuangan. Agar dapat terlaksana dengan baik, proses edukasi masyarakat harus melibatkan semua pihak, seperti Pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, perusahaan jasa keuangan, LSM, dan  pihak-pihak lainnya. Proses ini sudah mulai dilakukan dan harus terus ditingkatkan. 

Konferensi Nasional Pendidikan Ekonomi dan Keuangan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan edukasi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan. Oleh karena itu, kami memberikan dukungan atas kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut di masa depan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 

 

Bambang Brodjonegoro, Ph.D

Kepala Badan Kebijakan Fiskal
Kementerian Keuangan Republik Indonesia


      ecofined.or.id 2012 Allright Reserved